Selasa, 23 Februari 2016

MENYONGSONG MATAHARI 2016

Acara melepas tahun 2015 dan menyongsong Matahari 2016 di Desa Pakraman Tegenan di isi dengan kegiatan Penutupan Pasraman Karawitan/Tabuh dan dirangkai dengan kegiatan sosial,HUT STT.Werdi Sesana yang ke 35. Rangkaian kegiatan dimulai pada hari Jumat,25 Desember 2015 acara persem- bahyangan bersama di Pura Puseh,27 Desember dilaksanakan acara jalan sehat mengambil rute dari Balai Banjar keselatan hingga di depan Pura Dalem hingga Jalan Masdipa(dibantu buldoser dari Pr.Dalem hingga sungai) dan kembali ke Bale Banjar melewati gang tengah. 
Acara ini dibuka Bendesa Desa Pakraman Tegenan pada pukul 07.30 yang diikutu oleh anggota STT.Werdi Sesana,siswa SMPN 3 Rendang,WHDI dan KWT serta PKK DusunTegenan. usai jalan santai dilanjutkan dengan pengundian kupon dorprice. Pada kesempatan tersebut bendesa menyampaikan terimakasih dan salut karena generasi muda memiliki ide kreatif,inovatif danproduktif dalamperan sertanya membangun desa. Seka terunasebagai wadah pemuda/i hendaknya bisa dipakai alat pemersatu bukan  blok-blokan satu dengan yang lainnya,lebih-lebih dewasa ini pengaruh dunia global khususnya IT sangat rentan terhadap pecahnya rasa persaudaraan kalau tidak bisa mawas diri dan berfikir logis. Maka dengan adanya kegiatan STT berkolaborasi dengan parasiswa SD,SMP sebagai calon anggota,WHDI,PKK dan KWT merupakan contoh baik yang patut dikembangkan,oleh karenanya saya selaku orang tua menyampaikan terimakasih.
Selanjutnya pada malam tanggal 31 Desember 2015 diselenggarakan acara puncak yakni Penutupan pesraman Karawitan/Tabuh yang diikuti oleh Seka Gong Gargita Sandi Desa Seket dengan pelatih I Wayan Surata,SST,Mk.Sueta dari Besakih,W.Tegteg dari Nongan. Pada acara itu hadir Bendesa Majelis Alit Desa Pakraman Kecamatan Rendang,Camat beserta Forum Pimpinan Kecamatan,Perbekel dan tamu undangan lainnya. Camat Rendang I Wayan Mastra,SH dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Desa Pakraman yang dipadukan dengan Seka Teruna dalam menyambut Ulang Tahunnya yang ke 35 dan dihibur oleh pentas Ibu-ibu WHDI,KWT dan PKK serta adanya penyerahan bantuan Pendidikan melalui beasiswa prestasi, bantuan musibah kebakaran dan penataan lingkungan hidup serta merayakan tahun baru,ini adalah hal yang luar biasa dan patut dicontoh oleh desa-desa lainnya. Hal ini mengajarkan kita bagaimana orang tua (Desa Pakraman) mendukung,mendidik,generasi muda untuk hal yang positif dan tidak mabuk atau hura-hura dalam melampyaskan kegembiraan menyambut tahun baru,demikian juga ibu-ibu kompak mau menghibur anak-anaknya sehingga memberikan rasa kasih sayang yang diimplementasikan melalui hiburan pementasan seni musik atau tarian,demikian juga ada rasa peduli dan merasakan kesedihan warga yang kena musibah kebakaran melalui penyerahan bantuan dan peduli juga pada alam melalui penataan lingkungan dalam bentuk Bendesa menyerahkan bantuan mesin sensor rumput pada Banjar Tegenan Kaler dan Kelod. Sekali lagi saya selaku Camat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan semacam ini. Usai penutupan diserahkan bantuan Mesin kepada kedua banjar,bantuan tunai @ Rp.500.000,- kepada warga kena musibah yaitu Km.Ketil,Mk.Ledang,Md.Ribek,Md.Sudiasa dan Md.Gebun. sedangkan Klian Br.Adat Tegenan Kelod menyerahkan Beasiswa Prestasi kepada tk SD: Ni Md.Soyani,tk SMP.I Wayan Nova Suputra,SMA I Wayan Teguh Pramarta,SMK Ni Kd.Saputri sedangkan bantuan sembako diserahkan kepada Ni Wayan Murya,Ni Wayan Kengin dan Ni Wayan Entegan semuanya janda tua mandiri..by;manix.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar