Kamis, 03 Maret 2016

Makna Sanggah Cucuk dan Prosesi Tawur Kesanga di Pakraman.


Sanggah cucuk berasal dari kata; sanggah = penyanggah/menopang, dan cucuk yang berarti pemucuk. Jadi dapat diartikan sanggah cucuk ini adalah pertemuan antara penyangga dan pemucuk,  sanggah cucuk berbentuk segi tiga. Selain itu fungsi sanggah cucuk adalah sebagai upasaksi dari pelaksanaan ritual bhuta yadnya khususnya pecaruan
Dalam kaitannya dengan tawur agung kesanga, sanggah cucuk ini dipakai sebagai salah satu sarana upasaksi yang dipasang di samping lebuh atau sebelah kanan(dari dalam) pintu/kori  rumah.
Sedikit pengetahuan tentang tawur  kesanga, dapat dijelaskan bahwa tawur berasal dari kata nawur atau membayar (utang). Lalu kepada siapa kita membayar utang? Kepada para bhuta kala yang mana utang kepada bhuta kala dalam tri rna termasuk dalam utang kepada dewa rna. Dari utang kepada bhuta inilah perlu dilaksanakannya bhuta yadnya yang tujuannya adalah agar energi-energi negatif dari para bhuta kala tidak mengganggu umat manusia di dunia ini. Selain itu juga fungsi tawur ini agar para bhuta kala disucikan agar bisa menyatu (somya) dengan Sang Hyang Tunggal, maka dari itu pada mantram ngalukat bhuta disebutkan :
“Om lukat sira sang bhuta dengen masurupan sang kalika, lukat sang kalika masurupan ring bhatari durga, lukat bhatari durga masurupan ring bhatari uma, lukat bhatari uma masurupan ring bhatara guru, lukat bhatara guru masurupanring sang hyang tunggal, lukat sang hyang tunggal masurupan ring sang hyang sangkaning pa-

ran, apan sang hyang sangkaning paran rat kabeh siddha mawali paripurna. Om siddhir astu tat astu ya namah swaha”
Dikatakan tawur agung kesanga karena dilaksanakan serentak di seluruh daerah dan juga pada tilem caitra(sasih kesanga =9= angka tertinggi.) adalah tilem yang dianggap paling baik untuk melaksanakan bhuta yadnya.
Untuk pelaksanaan upacara tawur kesanga di Pakraman Br.Adat Tegenan Kelod, dibagi menjadi tiga bagian sebagai haturan kepada Tri Mala Paksa, yaitu Bhuta Buchari, Kala Bhucari, dan Durgha Bhucari. Berikut penjelasannya ;
1.   Nunas Tirta dan Nasi Taur di catus Pata/Margi Catur dengan bakti sakesidan  jam 12.00
2.   Jam 18.00 melaksanakan upacara Ngerupuk di rumah masing-masing bersama keluarga sbb.:
a.    Ngaturang bakti di Kemulan berupa pejati kalau bisa atau minimal rayunan putih kuning, ngunggahang tirta di Kemulan,di natar Merajan Kamulan ada sayut Byakala,Pemyak kala,Sesayut Lara Melaradan dan Prasista atau minimal ada sayut sudamala, dihaturkan segehan agung,nasi cacahan 11 tanding atau segehan manca warna, metabuh ditujukan kepada Sang Bhuta Bhucari, mantramnya :“Ih Bhuta Bhucari, manusan nira angaturaken segehan, iki tadah saji sira segehan cacahan 11 tanding, madaging beras, jinah paketengan pinaka pamogpog maka kirang nira aja nyengkalen waduan sira among maka jiwa pramana waduan sira. Wus amangan anginum lah ta sira pamantukan ring karang nguni soang-soang”(mantram menyesuaikan dengan bantennya)
b.   Di pekarangan rumah dihaturkan segehan manca warna 9 tanding berisikan daging ayam brumbun , atau yang lebih sederhana 1 segehan berwarna 4 (arah timur putih, merah selatan, kuning barat, hitam utara) , tetabuhan arak & brem, toya anyar ditujukan kepada Sang Kala Bhucari, mantramnya :“Ih kala Bhucari, manusan nira angaturaken segehan, iki tadah saji sira segehan manca warna 9 tanding, madaging beras, jinah paketengan pinaka pamogpog maka kirang nira, aja nyengkalen waduan sira among maka jiwa pramana waduan sira. Wus amangan anginum lah ta sira pamantuka ring karang nguni soang-soang”(mantram menyesuaikan dengan persembahannya)
c.    Di lebuh rumah atau pintu pekarangan dipasang sanggah cucuk di sebelah kanan(dari dalam). Pada sanggah cucuk tersebut diletakkan peras daksina, ajuman, banten pedanan, tumpeng ketan, panyeneng dan rerasmen. Pada sanggah cucuk +sujang (diisi air, arak & tuak/brem) Haturan di sanggah cucuk tersebut ditujukan kepada Sang Durgha Bhucari.Di sor (bawah) sanggah cucuk diletakkan segehan manca warna 9 tanding, berisi daging ayam brumbun, tetabuhan arak & brem ditujukan kepada Sang Kala Raja & Sang Bhuta Raja. Selain itu juga dihaturkan segehan cacah 108 ulam jeroan mentah, segehan agung 1 tanding ditujukan kepada Sang Kala Bala & Sang Bhuta Bala. Atau lebih sederhana dihaturkan 1 segehan warna 9 sesuai dengan warga pangider dewata nawa sanga. Keempat Bhuta Kala yang dihaturkan segehan di bawah ini merupakan pengikut dari Bhatari Durgha.mantramnya :“Ih Durgha Bhucari, manusan nira angaturaken segehan, iki tadah saji sira segehan, madaging beras, jinah paketengan pinaka pamogpog maka kirang nira, aja nyengkalen waduan sira among maka jiwa pramana waduan sira. Wus amangan anginum lah ta sira pamantuka ring karang nguni soang-soang”
3.Usai ngaturang bakti dilanjutkan dengan mebuu/me-obor-obor serana prakpak,ketisang tirta taur,sebar nasi taur,kakap suna jangu,mesui,kulkul,sampat,sayut2(sekeluarga di natah rumah mesayut) dari merajan,keliling pekarangan 3 kali dan lebar di lebuh.
4.Mebakti/sembahyang bersama,Nunas Tirta lan wija di Sanggah/Merajan,malamnya persiapan nyanggra nyepi,besok pagi sebelum jam 06.00 sebaiknya melakukan sembahyang SURYA GRAHA  dengan banten wangi-wangian dan umbi-umbian(menurut Lontar Sundarigama) dan atau sakasidan (karena Nyepi pas Gerhana) laksanakan Catur Berata penyepian,upawasa,jangan sampai kita umat Hindu yang melanggar,bayangkan pemerintah sampai nutup bandara atau pelabuhan demi mengamankan Nyepi yang sudah dikenal dunia,sangat disayangkan sekali kalau kita sampai menodainya. Esok harinya,ngembak Gni menurut Kitab Sarasamuscaya dan Slokantara sangat baik melaksanakan Punia,mesuci laksana,meprasista dan menyucikan diri dengan mandi suci,karena alam dalam Sadasiti Mukha.setelah itu lakukan Dharma Santi,silahturahmi,bermaaf-maafan sesama saudara,keluarga besar dan warga sekitar.
  Mari kita maknai setiap upacara yang dilakukan dengan baik, karena dengan begitu setiap yadnya/demi yadnya kita laksanakan akan mengubah tata cara kita berpikir, berkata, dan perbuatan kita mengarah ke arah yang lebih baik(Manava Dharma Sastra III.97) . SWASTI ICAKA WARSA 1938,AMPURA MENAWI WENTEN IWANG,DUMOGI SAMI MANGGUH KENAK RAHAYU LAN DIRGAYUSA MEWASTU MANGGUH SANTHI JAGATITA. by; Prejuru Br. Adat Tegenan Kelod,E-mail: manix_gni@ yahoo.com/Mk.Manik Puspa Yoga.
 Suasana saat digelar taur kesanga di Catus Pata Desa pakraman Tegenan
Mk.Made Sedana Bendesa DP Tegenan,mengucapkan SELAMAT TH CAKA 1938,maaf lahir batin semoga sedaging jagat sami rahayu,Tegenan Santi,Bali damai,Indonesia Jaya,Dunia Tentram

 
Mk.Wayan Sudiana Ketua Kerta Desa menghaturkan Swasti icaka 1938,Basudeva kutumbakam,kita adalah saudara,jangan saling menyinggung,apalagi berantem mari laksanakan swadarma,smoga sami rahayu.
Tityang Prejuru Br.Adat Tegenan Kelod ngaturang swasti wanti icaka warsa 1938,dumadak sami rahayu ngiring uncarang kruna YUDHA AWIDYA NAROTTAMA (perangi kebodohan untuk menjadi manusia berguna),mari kita bersatu padu membangun desa,jangan sirik,hilangkan dengki dan tapaki tahun baru ini dengan nuansa baru,hati baru yang lebih bersih dan bermartabat,astungkara.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar