Minggu, 01 Maret 2015

KERJA BAKTI MENATA JALAN


    Br.Adat Tegenan Kelod dalam program kerjanya melaksanakan kegiatan gotong royong setiap hari Minggu yang sudah dimulai sejak tanggal 15 Pebruari 2015 mulai dari depan Balai Banjar menuju Banjar Adat Tegenan Kelod. kegiatan tersebut disamping memperbaiki saluran/drainase juga mlaksanakan pemadatan atau pengerasan jalan dengan VC beton yang dananya bersumber dari iuran pemilik kendaraan dari  328 pemilik sepeda motor dikenakan sumbangan Rp.5.000,-,56 Kendaraan roda empat Rp.10.000 dan 4 truk dikenakan iuran @  Rp.15.000. masyarakat cukup antusias dalam pelaksanaannya dibantu oleh Seke Teruna Werdi Sesana untuk penataan lingkungannya dengan penanaman bibit bunga jempiring. Ketua Seka Teruna Teguh Paramarta siap bersama anggotanya untuk melanjutkan tugas tugas yang diamanatkan.
Bendesa Pakraman Tegenan juga mengisyaratkan usai kegiatan gotong royong akan dilanjutkan dengan penataan cetra agar terlihat asri dan tertata ,lebih-lebih dalam rangka persiapan lomba Sadar Lingkungan bulan Mei mendatang,oleh karena itu kepada segenap krama diharapkan peran sertanya dalam mendukung lomba Sadar Lingkungan yang kreterianya masing-masing KK agar memiliki tempat sampah organik dan non organik yang terbuat dari bambu,pemilihan,pemilahan dan pengolahan sampah,penghijauan,prosesing sampah menjadi pupuk dan lain sebagainya.
Klian Banjar Adat Tegenan Kelod  , dalam arahannya menyampaikan kepada krama bahwa usai pelaksanaan gotong royong ,akan dilanjutkan dengan pemeliharaan jalan  dengan pembelian mesin sensor rumput,pengelolaan sampah plastik yang diserahkan kepada seka teruna, Selanjutnya direncanakan membuka badan jalan  dari Pura Dalem menuju uma kolong untuk memperlancar akses pelaksanaan upacara Pitra Yadnya.
Disisi lain Klian Subak Abian Pucak Manik I Wayan Kariana,S.Pd juga merencanakan untuk membuka akses jalan menuju pura subak dan pelestarian lingkungan sekitar bukit glebeg,dalam rangka menyambut lomba Darling ,diharapkan semua anggota subak abian ikut ambil bagian dalam kegiatan dimaksud. Untuk partisipasi penggalian dana sudah dibentuk Panitia dengan Ketua I Made Mustapa,Sekretaris I Komang Gunama,S.Pd dan Bendahara I Made Gunarta penanggung jawab Mangku Manik Puspa Yoga(Klian Br.Adat Tegenan Kelod). Perbaikan jalan dengan betonisasi secara swadaya merupakan iuran dari pemilik kendaraan juga donasi dari krama banjar,utamanya krama rantau sangat diharapkan partisipasinya untuk ikut membangun desa.

Foto  kegitan gotong royong

 Pengarahan Klian Banjar Adat
Rapat Prejuru persiapan lomba Darling
 Seka Teruna Werdhi Sesana dalam Kegiatan Gotong royong
 Ibu-ibupun ikut berpartisipasi


Anggota masyarakat dalam  kegiatan gotong royong
 Panitia Perbaikan Jalan I MadeMustapa(Ketua)     I Komang Gunama,S.Pd (Sekretaris)
 I Made Gunarta (Bendahara)





1 komentar:

  1. Sangat baik adanya blog iini,karena kami di rantau tahu perkembangan di kampung halaman,sehingga tidak ketinggalan berita,bravo !!!

    BalasHapus