Rabu, 31 Juli 2024

PERTANGGUNGJAWAABAN DALAM PROGRAM KERJA

 Klian Banjar Adat Tegenan Kelod I Wayan Suiji,dalam memimpin rapat khusus pada hari Rabu Wage Ukir tanggal 31 Juli 2024 kemarin menyampaikan rancangan program kerja 2024/2025 dan pertanggungjawaban program yang sudah berjalan yakni Pembangunan 2 buah candi bentar,pembangunan tembok penyengker,pembuatan gedong penyimpenan dan pelinggih catur pengeter dengan menelan dana dua ratus juta lebih. Rapat yang dihadiri oleh krama jangkepan dan krama penyada disaksikan oleh Bendesa Adat,Klian Subak Lipang dan Prejuru Subak Abian Pucak Sari yang gilirannya memungut cingkrem pada pertemuan ini.

Dalam pertemuan kemarin klian Banjar Adat Tegenan kelod memaparkan penghabisan biaya pembangunan yang awalnya memiliki kas 54 juta lebih di bulan Mei 2023 sudah mulai membangun yang akan dibantu dari desa adat sekitar 85 juta,namun dalam perjalanan dana tersebut belum dapat dicairkan, sehingga keliang terpaksa meminjam dana dari Koperasi Mekar Sari,Kas Banjar Adat suka duka dan klian sendiri,setelah bernegosiasi mendapat bantuan 30 juta dari PT.Bali Agung Waters digunakan untuk pembangunan 1 pelinggih di Manikarum 15,7 juta dan di Pura Dalem 14,3 juta membangun pelinggih catur Pengeter. Selama kegiatan pembangunan,mlaspas dan ngerainin total penghabisan Rp.250.312.000,- sedangkan pemasukan dari penjualan barang,cingkrem,bantuan bantuan apabila cair jumlah total sebesar Rp 249.809.000,- sehingga kekurangan dana lagi Rp.503.000,- nanti detilnya silahkan dibaca ungkap Suiji.

Agenda berikutnya yang dipaparkan adalah tentang kekosongan pemangku Pura Dalem yang harus diisi cara mendapatkan bisa melalui penunjukan langsung kepada keturunan pemangku sebelumnya (seserodan),dengan lekesan dan dengan cara nyanjan,yang mana nanti metoda yang dipilih. Sementara untuk mengisi kevakuman saya tunjuk JM Dalang Sujata,alasannya karena yang bersangkutan ngiring duen Ida Bhetara Dalem yaitu berupa Wayang,itu logikanya,salah seorang peserta rapat menginginkan dengan sistem Nyanjan,satu lagi ada seserodan,hal itu merupakan usulan,silahkan usulannya nanti sebelum odalan kita akan cari solusi terbaik karena ini adalah untuk kita semua. Tanggal 13 Nopember 2024 Buda Wage Merakih sasih ke lima,kita akan lakukan upacara madeg mangku,karena 2 bulannya akan diwintenin pada piodalan Buda Wage Klau 22 Januari 2025. ada masa jeda 2 bulan untuk persiapan diri. ungkap Suiji.

Program selanjutnya yang disampaikan adalah rencana ngenteg Linggih di Pura Pucaksari pada Buda Klion Sinta Pas Purnama kawulu, 12 Pebruari 2025,sehingga anggaran perlu dipending sedangkan banten akan dibagikan kepada pengempon .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar